10 contoh motivasi dalam kehidupan

Berikut rekomenasi dari jawaban atas pertanyaan yang telah dikumpulkan oleh FestivalPanji.id:


Jawaban:

10 contoh motivasi dalam kehidupan adalah

1. Untuk meraih prestasi belajar siswa selalu belajar giat dan tekun setiap hari.

2. Saya menyadari hidup orang tua hanya pas-pasan. Besuk saya harus dapat menjadi orang yang berhasil, kaya sehingga dapat membahagiakan orang tua.

3. Mau belajar karena diingatkan orang tua.

4. Mau melakukan sesuatu (membersihkan rumah) karena ada perintah dari orang tua / orang lain.

5. Rajin berlatih Bulu Tangkis karena bercita-cita menjadi atlet Nasional bulu tangkis

6. Penghargaan dalam bentuk pujian dari guru kepada murid berprestasi.

7. Perilaku ayah yang bijaksana serta penuh kasih sayang terhadap istri dan anaknya akan memberikan motivasi terhadap keluarganya untuk berperilaku dan berbuat baik seperti yang dilakukan ayahnya.

8. Bekerja keras dan menabung demi membeli rumah impian

9. Seseorang termotivasi untuk bekerja agar mendapatkan penghasilan sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

10. Kebiasaan, tingkah laku yang bergembang baik dalam kelompok masyarakat misalnya: kerja bakti, siskamling, kegiatan remaja di masjid mendorong tumbuhnya motivasi

Pembahasan

Hai teman-teman BrainlyLovers…!!! Sekarang kita akan membahas motivasi.  Selamat belajar…!!!  

1. Pengertian

Motivasi adaalah suatu dorongan atau alasan yang menjadi dasar semangat seseorang untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu.

2. Jenis-jenis Motivasi  

a. Motivasi Intrinsik  

Motivasi Intrinsik adalah keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu, yang disebabkan oleh faktor dorongan yang berasal dari dalam diri sendiri tanpa dipengaruhi orang lain karena adanya hasrat untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh : seseorang termotivasi untuk bekerja agar mendapatkan penghasilan sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

b. Motivasi Ekstrinsik  

Motivasi Ekstrinsik adalah keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang disebabkan oleh faktor dorongan dari luar diri sendiri untuk mencapai suatu tujuan yang menguntungkan dirinya.

Contoh : seseorang termotivasi untuk bekerja lebih giat karena adanya peluang yang diberikan oleh perusahaan untuk meningkatkan karir kepada pegawai berprestasi.

3. Faktor-faktor motivasi

Faktor Internal (berasal dari diri sendiri)

a. Harga diri dan Prestasi, yaitu motivasi di dalam diri seseorang untuk mengembangkan kreativitas dan mengerahkan energi untuk mencapai prestasi yang meningkatkan harga dirinya.

b. Kebutuhan, setiap individu memiliki kebutuhan di dalam hidupnya sehingga orang tersebut menjadi termotivasi untuk melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

c. Harapan, yaitu sesuatu yang ingin dicapai seseorang di masa mendatang yang mempengaruhi sikap dan perasaan subjektif orang tersebut.

d. Tanggungjawab, yaitu motivasi di dalam diri seseorang agar bekerja dengan baik dan hati-hati untuk menghasilkan sesuatu yang berkualitas.

e. Kepuasan kerja, yaitu motivasi dalam diri seseorang karena dapat melakukan suatu pekerjaan tertentu.

Faktor Eksternal (berasal dari luar)

a. Jenis dan sifat pekerjaan, yaitu dorongan di dalam diri seseorang untuk bekerja pada jenis dan sifat pekerjaan tertentu. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh besar imbalan yang didapatkan pada pekerjaan tersebut.

b. Kelompok kerja, yaitu organisasi dimana seseorang bekerja untuk mendapatkan penghasilan bagi kebutuhan hidupnya.

c. Kondisi kerja, yaitu keadaan dimana seseorang bekerja sesuai dengan harapannya (kondusif) sehingga dapat bekerja dengan baik.

d. Keamanan dan keselamatan kerja, yaitu perlindungan yang diberikan oleh organisasi terhadap jaminan kemanan dan keselamatan seseorang dalam bekerja.

e. Hubungan interpersonal, yaitu hubungan antara teman sejawat, dengan atasan, dan dengan bawahan. Dalam hal ini, setiap orang ingin dihargai dan menghargai dalam organisasi sehingga tercipta suasana kerja yang harmonis.

Pelajari Lebih Lanjut

1. Kajian tentang contoh motivasi bisa coba cek brainly.co.id/tugas/3789215

2. Kajian tentang pengertian motivasi bisa coba cek brainly.co.id/tugas/7090935

3. Kajian tentang slogan bisa coba cek brainly.co.id/tugas/10466735

Detail Jawaban

Kelas : 7

Pelajaran : IPS  

Bab 4 : Dinamika Interaksi Manusia

Kode : 7.10.2004

Kata Kunci : Motivasi, Mencapai Tujuan, Dorongan Semangat.


#FestivalPanji #TanyaJawab #AyoBelajar #AyoMembaca #AyoPintar #DuniaPendidikan #TanyadanJawab #IndonesiaPintar #PenerusBangsa #CerdasPendidikan #HidupPendidikan #PintarJawab #Kuesioner #CepatBisa #Festival Panji #FestivalPanji ID #MenjawabPertanyaan #SD #SMP #SMA

Demikian ulasan mengenai jawaban dari pertanyaan:

10 contoh motivasi dalam kehidupan

Kami harapkan bahwa informasi yang kami sampaikan dalam artikel tanya jawab di atas dapat memberikan wawasan dan solusi bagi kamu yang membutuhkan jawaban dengan tepat. Teruslah berinovasi dan belajar untuk memperbaiki kualitas pengetahuan demi masa depan yang lebih baik.

Apabila kamu membutuhkan informasi lain tentang pertanyaan atau seputar dunia Pendidikan, silahkan kunjungi laman atau artikel kami yang lain.


Penulis: Penulis Senja