2. Mengapa pembangunan belum merata sampai ke daerah perbatasan ? 3. Apakah permasalahan di daerah perbatasan ini dapat menimbulkan persoalan lainnya ? Jika ya, apa saja bentuk persoalan yang mungkin terjadi? 4. Ureaikan solusi yang kamu tawarkan kepada pemerintah untuk mengaatasi pwrmasalahan di daerah perbatasan ?

Inilah jawaban untuk pertanyaan yang kamu cari dari proses kurasi Festival Panji:


Jawaban:

1. Penyebab timbulnya permasalahan di daerah perbatasan adalah:

  • Indonesia merupakan negara kepulauan
  • kurang adanya perhatian dari pemerintah
  • keterbatasan sarana dan prasarana
  • lokasi yang terisolasi sehingga susah untuk dijangkau
  • potensi di daerah perbatasan yang belum tergali dan dikenali
  • SDM (sumber daya manusia) yang masih sangat rendah
  • layanan sosial dan ekonomi yang belum terdistribusi dengan baik
  • angka kemiskinan yang tinggi

2. Pembangunan belum merata hingga ke daerah perbatasan karena:

  • Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga proses pembangunan berlangsung sangat lama dan tidak efektif
  • Lokasinya yang terisolasi membuat pemerintah susah untuk menjangkau daerah-daerah perbatasan
  • Lokasi yang terpencil membuka peluang terhadap penyelewengan dana pembangunan dari pemerintah pusat oleh oknum-oknum yang memiliki kedudukan di pemerintahan daerah.

3. Permasalahan di daerah perbatasan dapat menimbulkan permasalahan lain seperti:

  • Munculnya gerakan separatisme yang tidak puas dengan kebijakan-kebijakan pemerintah pusat maupun daerah.
  • Semangat nasionalisme dan patriotisme pada masyarakat di kawasan perbatasan sangat rendah karena merasa tidak menikmati semua fasilitas, sarana dan prasarana dari pemerintah pusat seperti yang ada di daerah-daerah lainnya.
  • Timbulnya permusuhan antara warga negara Indonesia dengan warga negara tetangga.
  • Hubungan diplomatik antara dua negara yang berada di perbatasan dapat terganggu.
  • Wilayah RI yang berada di daerah perbatasan dapat jatuh ke negara tetangga.
  • Dapat menimbulkan peperangan baik dengan negara tetangga maupun masyarakat di daerah perbatasan itu sendiri.

4. Solusi yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan di daerah perbatasan antara lain:

  • Menciptakan sistem distribusi yang lebih efektif sehingga distribusi semua kebutuhan terutama ekonomi dapat berjalan lancar.
  • Pertahanan dan keamanan di daerah perbatasan harus lebih ditingkatkan untuk mencegah terjadinya gerakan separatis atau pemberontakan lainnya.
  • Pemerintah dan masyarakat di daerah perbatasan harus memiliki komitmen bersama dalam segala kegiatan pembangungan dan program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
  • Pola pikir masyarakat daerah perbatasan yang perlu diubah agar lebih aktif dalam segala kegiatan untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan.

Pembahasan

Indonesia merupakan negara kepulauan dan berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga antara lain Malaysia, Brunei Darussalama, Timor Leste, dan Papua Nugini. Berbatasan dengan beberapa negara yang memiliki tingkat perekonomian yang lebih baik tidak serta merta memberikan dampak langsung pada kondisi sosial, ekonomi di daerah perbatasan yang merupakan wilayah negara Indonesia.

Faktanya, daerah perbatasan justru menjadi daerah-daerah yang memiliki tingkat kesejahteraan yang lebih rendah dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Hal ini disebabkan karena bentuk negara Indonesia yang berbentuk kepulauan membuat pemerintah tidak maksimal dalam hal pembangunan maupun kegiatan pendistribusian untuk kepentingan ekonomi dan sosial. Selain itu, daerah perbatasan cenderung terletak di daerah terpencil sehingga aksesnya cenderung susah, ditambah dengan adanya oknum-oknum di pemerintahan daerah yang menyelewengkan dana dan anggaran pembangunan sehingga menyebabkan daerah perbatasan tidak semaju daerah-daerah lainnya. Kenyataan lainnya adalah karena terbatasnya sarana dan prasarana yang ada baik pendidikan maupun fasilitas ksesehatan membuat sumber daya manusia di daerah perbatasan cenderung lebih rendah.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang Daerah Perbatasan brainly.co.id/tugas/2874513

2. Materi tentang Permasalaha Daerah Perbatasan brainly.co.id/tugas/2549043, brainly.co.id/tugas/14402045

——————————-

Detil Jawaban

Kelas : IX SMP

Mapel : PPKn

Bab : Otonomi Daerah

Kode kategori : 9.9.2

#TingkatkanPrestasimu


#FestivalPanji #TanyaJawab #AyoBelajar #AyoMembaca #AyoPintar #DuniaPendidikan #TanyadanJawab #IndonesiaPintar #PenerusBangsa #CerdasPendidikan #HidupPendidikan #PintarJawab #Kuesioner #CepatBisa #Festival Panji #FestivalPanji ID #MenjawabPertanyaan #SD #SMP #SMA

Demikian ulasan mengenai jawaban dari pertanyaan:

2. Mengapa pembangunan belum merata sampai ke daerah perbatasan ? 3. Apakah permasalahan di daerah perbatasan ini dapat menimbulkan persoalan lainnya ? Jika ya, apa saja bentuk persoalan yang mungkin terjadi? 4. Ureaikan solusi yang kamu tawarkan kepada pemerintah untuk mengaatasi pwrmasalahan di daerah perbatasan ?

Kami harapkan bahwa informasi yang kami bagikan dalam artikel tanya jawab di atas dapat memberikan wawasan dan solusi bagi kamu yang membutuhkan jawaban dengan tepat. Teruslah berinovasi dan belajar untuk memperbaiki kualitas pengetahuan demi masa depan yang lebih baik.

Apabila kamu membutuhkan informasi lain tentang pertanyaan atau seputar dunia Pendidikan, silahkan kunjungi laman atau artikel kami yang lain.


Penulis: Penulis Senja