A. Agar dapat membeli barang-barang yang diinginkan B. Dapat memilih kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu C. Dapat menggunakan uang dengan sebesarnya D. Bisa menyisihkan uang untuk ditabung

Jawaban terbaik dari proses kurasi oleh FestivalPanji.id untuk Anda:


Jawaban:

Tujuan seseorang menyusun skala prioritas kebutuhan adalah…

B. Dapat memilih kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu

Pembahasan:  

Skala prioritas adalah ukuran kebutuhan yang tersusun, dimulai dari kebutuhan yang paling penting sampai kurang penting

Skala prioritas adalah metode untuk melakukan manajemen waktu. Dengan membagi kegiatan, tugas atau pekerjaan yang perlu diselesaikan berdasar prioritasnya, kita bisa lebih efektif dalam bekerja, karena bisa menyelesaikan pekerjaan yang perlu diselesaikan dahulu.

Dalam skala prioritas, kegiatan, tugas atau pekerjaan dapat dibagi menjadi kategori sebagaimana berikut:

1. Penting dan Mendesak

Kegiatan, tugas atau pekerjaan ini memiliki tingkat skala prioritas paling tinggi, sehingga harus segera diselesaikan paling dahulu. Untuk skala prioritas ini kita harus mengalokasikan waktu segera dan dalam jumlah yang sebanyak mungkin.

Contohnya misalnya adalah berobat bila sakit atau mengerjakan pekerjaan rumah yang harus dikumpulkan keesokan harinya.

2. Penting namun tidak mendesak

Skala prioritas ini lebih rendah, namun masih tinggi. Kita perlu menyelesaikan kegiatan, tugas atau pekerjaan ini, namun tidak harus dalam waktu yang dekat. Untuk skala prioritas ini, bila tidak ada yang lebih mendesak, maka kita harus segera mengalokasikan waktu untuk menyelesaikannya.

Misalnya pekerjaan rumah yang masih lama waktu mengumpulkannya.

3. Mendesak namun tidak penting

Kegiatan, tugas atau pekerjaan ini perlu segera diselesaikan, namun bila kita tidak menyelesaikannya pun kita tidak akan mendapatkan konsekuensi berat.  

Misalnya adalah menonton pertandingan bola yang hanya tayang seminggu sekali.

4. Tidak penting dan juga tidak mendesak

Kegiatan, tugas atau pekerjaan ini tidak perlu kita lakukan dan tidak mendesak, kita harus melakukannya dalam waktu ketika pekerjaan lain sudah bisa diselesaikan.

Misalnya adalah bermain-main.  

Pelajari Lebih Lanjut

1. Tuliskan tiga contoh tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari hari?

brainly.co.id/tugas/3289302

2. Jelaskan motif non ekonomi yang mendasari seseorang dalam mengkonsumsi barang

brainly.co.id/tugas/14016755

Detail Jawaban        

Kelas: VII        

Kode: 7.10.4

Mata pelajaran: IPS        

Materi: Bab 4 – Dinamika Interaksi Manusia

Kata kunci: Skala Prioritas  


#FestivalPanji #TanyaJawab #AyoBelajar #AyoMembaca #AyoPintar #DuniaPendidikan #TanyadanJawab #IndonesiaPintar #PenerusBangsa #CerdasPendidikan #HidupPendidikan #PintarJawab #Kuesioner #CepatBisa #Festival Panji #FestivalPanji ID #MenjawabPertanyaan #SD #SMP #SMA

Demikian ulasan mengenai jawaban dari pertanyaan:

A. Agar dapat membeli barang-barang yang diinginkan B. Dapat memilih kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu C. Dapat menggunakan uang dengan sebesarnya D. Bisa menyisihkan uang untuk ditabung

Kami harapkan bahwa informasi yang kami sampaikan dalam artikel tanya jawab di atas dapat memberikan wawasan dan solusi bagi kamu yang membutuhkan jawaban dengan tepat. Teruslah berinovasi dan belajar untuk memperbaiki kualitas pengetahuan demi masa depan yang lebih baik.

Apabila kamu membutuhkan informasi lain tentang pertanyaan atau seputar dunia Pendidikan, silahkan kunjungi laman atau artikel kami yang lain.


Penulis: Penulis Senja