bagian bunga manakah yang dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan

Jawaban terbaik dari proses kurasi oleh FestivalPanji.id untuk Anda:


Jawaban:

Jawaban:

Bagian bunga manakah yang dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan adalah putik bunga (yang menrupakan alat perkembangbiakan betina tanaman) dan benang sari (alat perkembangbiakan jantan tanaman).

 

Pembahasan:

Bunga pada Angiospermae (tanaman berbiji tertutup) memiliki struktur yang kompleks, dan merupaka bunga dimana bagian bunga jantan (benang sari) dan bagian bunga betina (putik bunga) menjadi satu menempati bagian pada bunga yang sama.  

Perkawinan pada bunga angiospermae terjadi saat proses menempelnya serbuk sari (stamen) dari berang sari, pada kepala putik (stigma).  

Kebanyakan bunga Angiospermae memiliki bagian yang menarik yang disebut dengan “Kelopak bunga”. Ini terlihat misalnya pada bunga matahari, mawar, melai dan sebagainya. Fungsi dari kelopak bunga ini adalah untuk menarik serangga yang membantu penyerbukan, seperti lebah dan kupu-kupu. Serangga ini akan hinggap dibunga untuk mengambil sari bunga, dan pergerakan serangga membantu jatuh dan menyebarnya benang sari ke putik.

Kode: 8.4.6

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Biologi

Materi: Bab 6 – Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Kata kunci: Struktur Tanaman, Bunga, Benang Sari, Putik Bunga, Kelopak Bunga


#FestivalPanji #TanyaJawab #AyoBelajar #AyoMembaca #AyoPintar #DuniaPendidikan #TanyadanJawab #IndonesiaPintar #PenerusBangsa #CerdasPendidikan #HidupPendidikan #PintarJawab #Kuesioner #CepatBisa #Festival Panji #FestivalPanji ID #MenjawabPertanyaan #SD #SMP #SMA

Sekian ulasan mengenai jawaban dari pertanyaan:

bagian bunga manakah yang dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan

Kami harapkan bahwa informasi yang kami bagikan dalam artikel tanya jawab di atas dapat memberikan wawasan dan solusi bagi kamu yang membutuhkan jawaban dengan tepat. Teruslah berinovasi dan belajar untuk memperbaiki kualitas pengetahuan demi masa depan yang lebih baik.

Apabila kamu membutuhkan informasi lain tentang pertanyaan atau seputar dunia Pendidikan, silahkan kunjungi laman atau artikel kami yang lain.


Penulis: Penulis Senja