listrik statis dapat terjadi karena

Rekomendasi terbaik untuk jawaban dari pertanyaan yang telah FestivalPanji kurasi untuk kamu:


Jawaban:

Listrik statis dapat terjadi karena … perpindahan elektron dari satu benda (yang kemudain menjadi bermuatan positif) ke benda lain (yang kemudian menjadi bermuatan negatif).

Pembahasan:

Listrik statis adalah fenomena kelistrikan dimana muatan listriknya tidak bergerak. Suatu benda dapat dibuat bermuatan listrik statis baik negatif atau positif, akibat sentuhan, gesekan atau kontak suatu benda dengan benda lain yang membuat adanya perpindahan elektron dari atau ke benda tersebut. Bila elektron berpindah dari benda, benda akan menjadi bermuatan positif, sebaliknya, bila elektron berpindah ke benda, benda akan menjadi bermuatan negatif.

Benda yang mampu dibuat listrik statis beserta muatannya adalah:

A. Bermuatan Positif  

1. Kulit, rambut dan bulu pada hewan (termasuk manusia).

Bila rambut manusia disisir dengan sisir plastik misalnya, akan menjadi bermuatan positif. Ini akan membuat rambut mengembang karena saling tolak menolak antara helaian rambur yang bermuatan sama-sama positif.  

Sifat listrik statis yang bermuatan positif ini terjadi karena elektron di rambut akan berpindah menuju ke sisir tadi. Sisir kemudian akan bermuatan negatif karena adanya penambahan elektron.  

2. Kain sutera dan wool  

Kain dari bahan serat hewani ini juga sama berkecenderungan untuk melepaskan elektron ketika bersentuhan, misalnya dengan kaca, gelas atau bahan yang terbuat dari plastik.

3. Kertas  

Lembaran kertas awalnya bersifat netral (tidak bermuatan), tapi saat beberapa lembar kertas kecil diletakkan di atas meja dan sebuah balon plastik dibawa mendekat dan dipegang di atas kertas, maka balon akan menarik potongan kertas dari meja. Hal ini karena elektron dari kertas akan berpeindah ke plastik, dan membuat kertas bermuatan positif, sementara balon bermuatan negatif.

B. Bermuatan Negatif

1. Plastik

2. Logam seperti emas dan perak

3. Teflon (pelapis yang digunakan di wajan)

4. Silikon

5. Karet  

—————————————————————————–

Pelajari lebih lanjut    

Penduduk kec A tahun 2000 3 juta jiwa,kelahiran 69 ribu dari kematian 9 ribu. Berapa total penduduk dan berapa persen pertumbuhan penduduk alaminya?

brainly.co.id/tugas/17982779

Detail jawaban:

Kode: 6.4.7

Mata Pelajaran: Fisika      

Materi: Energi dan Perubahannya

Kata Kunci: Energi listrik, Listrik Statis


#FestivalPanji #TanyaJawab #AyoBelajar #AyoMembaca #AyoPintar #DuniaPendidikan #TanyadanJawab #IndonesiaPintar #PenerusBangsa #CerdasPendidikan #HidupPendidikan #PintarJawab #Kuesioner #CepatBisa #Festival Panji #FestivalPanji ID #MenjawabPertanyaan #SD #SMP #SMA

Sekian ulasan mengenai jawaban dari pertanyaan:

listrik statis dapat terjadi karena

Kami harapkan bahwa informasi yang kami bagikan dalam artikel tanya jawab di atas dapat memberikan wawasan dan solusi bagi kamu yang membutuhkan jawaban dengan tepat. Teruslah berinovasi dan belajar untuk memperbaiki kualitas pengetahuan demi masa depan yang lebih baik.

Apabila kamu membutuhkan informasi lain tentang pertanyaan atau seputar dunia Pendidikan, silahkan kunjungi laman atau artikel kami yang lain.


Penulis: Penulis Senja