Pancasila sebagai ideologi negara memiliki dimensi idealis, artinya

Rekomendasi terbaik untuk jawaban dari pertanyaan yang telah FestivalPanji kurasi untuk kamu:


Jawaban:

Pancasila sebagai ideologi negara memiliki sifat yang terbuka. Pancasila sebagai ideologi terbuka memiliki arti bahwa Pancasila memiliki nilai dan cita-cita yang tidak mutlak dan tidak pula dipaksakan. Pancasila sebagai ideologi terbuka dibagi menjadi empat dimensi utama, salah satunya adalah dimensi idealis. Dimensi Idealis memiliki arti bahwa berbagai nilai dasar yang terkandung di dalam Pancasila dijadikan sebagai pedoman hidup dan cita-cita untuk mewujudkan masa depan bangsa dan negara yang leih baik dengan memberikan motivasi, harapan, dan optimisme. Pada dimensi ini, Pancasila memiliki sifat yang menyeluruh, rasional, dan sistematis.

Pembahasan

Ideologi di dunia ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni ideologi tertutup dan ideologi terbuka. Pancasila sebagai ideologi tertutup memiliki sifat yang mutlak, di mana Pancasila sebagai menjadi falsafah yang menentukan norma dan tujuan politik sosial yang harus dipatuhi dan diterima sebagai sebuah pemahaman. Aturan yang terdapat pada negara yang menganut ideologi tertutup cenderung bersifat totaliter dan kaku. Contoh dari negara yang menganut ideologi tertutup adalah Kuba, China dan Korea utara.

Sementara itu, sebagai ideologi terbuka memiliki arti sebagai ideologi yang memiliki nilai dan berbagai cita-cita yang tidak mutlah dan tidak memaksa. Ideologi terbuka memiliki sifat yang dinamis, di mana mampu beradaptasi dan berinteraksi dengan perkembangan zaman. Jenis ideologi ini juga tidak menutup diri pada terjadinya perubahan.

Pancasila merupakan salah satu wujud dari iedologi terbuka yang memiliki nilai dan cita-cita yang tidak mutlak dan tidak dipaksakan serta bersumber dari kekayaan budaya dan nilai-nilai dari masyarakatnya sendiri. Pancasila sebagai ideologi terbuka memiliki tiga nilai, yaitu:

  • Nilai Dasar, yakni berbagai nilai dasar yang terkandung di dalamnya tidak berubah.
  • Nilai Instrumental, yakni penjabaran lebih dari berbagai nilai dasar.
  • Nilai Praksis, yaitu wujud realisasi dari berbagai nilai dasar dan instrumental dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Di samping memiliki tiga wujud nilai, Pancasila sebagai ideologi negara juga memiliki empat dimensi yang menandakan bahwa Pancasila bersifat nyata dan dapat dilakukan. Berikut keempat dimensi tersebut.

  • Dimensi Normatif, yaitu nilai-nilai yang terkandung di dalamnya diajarkan dalam norma yang berasal dari norma kenegaraan.
  • Dimensi Idealis, yaitu berbagai nilai dasar yang terkandung di dalam Pancasila dijadikan sebagai pedoman hidup dan cita-cita untuk mewujudkan masa depan bangsa dan negara yang lebih baik dengan memberikan motivasi, harapan, dan optimisme. Pada dimensi ini, Pancasila memiliki sifat yang menyeluruh, rasional, dan sistematis.
  • Dimensi Realitas, yaitu berbagai nilai yan terkandung di dalam Pancasila memiliki akar dari masyarakat dan hidup pula di dalam masyarakat itu sendiri.
  • Dimensi Fleksibilitas, yaitu berbagai nilai yang terkandung di dalam Pancasila bersifat luwes sehingga mampu beriringan dengan berbagai pemikiran baru tanpa kehilangan hakikatnya (makna).

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang 4 dimensi Pancasila sebagai ideologi terbuka brainly.co.id/tugas/852917  

Materi tentang 3 dimensi Pancasila menurut dr. Alfian brainly.co.id/tugas/1725279                                                                

Materi tentang Pancasila sebagai ideologi terbuka brainly.co.id/tugas/1641831                                                            

Detail Jawaban

Kelas: 8

Mapel: PPKN

Bab: Bab 1 – Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara Indonesia

Kode: 8.9.1

#JadiRankingSatu


#FestivalPanji #TanyaJawab #AyoBelajar #AyoMembaca #AyoPintar #DuniaPendidikan #TanyadanJawab #IndonesiaPintar #PenerusBangsa #CerdasPendidikan #HidupPendidikan #PintarJawab #Kuesioner #CepatBisa #Festival Panji #FestivalPanji ID #MenjawabPertanyaan #SD #SMP #SMA

Sekian ulasan mengenai jawaban dari pertanyaan:

Pancasila sebagai ideologi negara memiliki dimensi idealis, artinya

Kami harapkan bahwa informasi yang kami sampaikan dalam artikel tanya jawab di atas dapat memberikan wawasan dan solusi bagi kamu yang membutuhkan jawaban dengan tepat. Teruslah berinovasi dan belajar untuk memperbaiki kualitas pengetahuan demi masa depan yang lebih baik.

Apabila kamu membutuhkan informasi lain tentang pertanyaan atau seputar dunia Pendidikan, silahkan kunjungi laman atau artikel kami yang lain.


Penulis: Penulis Senja