2.Kronologi adalah ilmu bantu sejarah yang bertugas untuk a.mencari data-data yang pasti tentang kapan peristiwa itu terjadi b.membuat urutan waktu dari peristiwa yang telah terjadi c.menyusun bukti-bukti yang kuat dari peristiwa masa lalu d.menyusun urutan kejadian yang dimulai dengan peristiwa yang kompleks e.menentukan dan memilih kejadian-kejadian yang penting 3.Dalam sejarah, yang dimaksud dengan sesuatu yang melintas, melalui, dan melampaui batas-batas waktu adalah a.tarikh masehi b.tahun peristiwa c.periode peristiwa d.peristiwa e.periode 4.Secara umum, periodisasi sejarah yang dibuat dan berkaitan dengan perkembangan kebudayaan secara garis besar adalah a.zama batu dan logam b.zaman praaksara dan aksara c.masa awal dan pertengahan d.zaman kuno dan baru e.zaman batu dan tulisan 5.Catatan yang para penulis kronik buat memang penting meskipun harus mendapat dukungan sumber lainnya. Berikut ini yang tidak termasuk dalam catatan-catatan yang mereka buat adalah a.keadaan masyarakat di daerah yang mereka kunjungi b.raja raja yang memerintah di suatu tempat dan waktu yang tertentu c.perkembangan agama di masa itu d.peristiwa-peristiwa unik yang mereka alami e.perlakuan buruk terhadap mereka dari masyarakat setempat 6.Sejarah juga mengajarkan kepada kita untuk mampu berpikir secara menyeluruh dan dari berbagai pandangan yang multidimensional, konsep berpikir seperti ini disebut dengan konsep berpikir yang a.runtut b.holistik c.parsial d.berkesinambungan e.kompleks 7.Dalam memecahkan masalah, kita memerlukan kemampuan atau cara berpikir sinkronik, yaitu a.memahami gejala atau fenomena masalah dengan lebih hati-hati dan mendalam b.mengambil keputusan dengan cepat dan tindakan yang tepat c.membuat keputusan hanya dengan memahami aspek dari satu sisi saja d.mengambil keputusan berdasarkan pendapat banyak orang e.melakukan tindakan yang tidak tepat dan tanpa berpikir panjang

Berikut rekomenasi dari jawaban atas pertanyaan yang telah dikumpulkan oleh FestivalPanji.id:


Jawaban:

Kategori: sejarah
kelas : SMA X

pembahasan:
1. d. tahap-tahap perkembangan kebudayaan manusia sejak masa yang lampau.
sejarah sebagai ilmu mempelajari manusia pada masa lampau
2. b.membuat urutan waktu dari peristiwa yang telah terjadi
kronologi secara bahasa artinya adalah urutan kejadian berdasarkan waktu.
3. c.periode peristiwa
4. b.zaman praaksara dan aksara
kata kunci pada soal no 4 adalah kebudayaan, sehingga jawaban yang tepat adalah praaksara dan aksara
5.e.perlakuan buruk terhadap mereka dari masyarakat setempat
6. d.berkesinambungan
7. a.memahami gejala atau fenomena masalah dengan lebih hati-hati dan mendalam


#FestivalPanji #TanyaJawab #AyoBelajar #AyoMembaca #AyoPintar #DuniaPendidikan #TanyadanJawab #IndonesiaPintar #PenerusBangsa #CerdasPendidikan #HidupPendidikan #PintarJawab #Kuesioner #CepatBisa #Festival Panji #FestivalPanji ID #MenjawabPertanyaan #SD #SMP #SMA

Sekian ulasan mengenai jawaban dari pertanyaan:

2.Kronologi adalah ilmu bantu sejarah yang bertugas untuk a.mencari data-data yang pasti tentang kapan peristiwa itu terjadi b.membuat urutan waktu dari peristiwa yang telah terjadi c.menyusun bukti-bukti yang kuat dari peristiwa masa lalu d.menyusun urutan kejadian yang dimulai dengan peristiwa yang kompleks e.menentukan dan memilih kejadian-kejadian yang penting 3.Dalam sejarah, yang dimaksud dengan sesuatu yang melintas, melalui, dan melampaui batas-batas waktu adalah a.tarikh masehi b.tahun peristiwa c.periode peristiwa d.peristiwa e.periode 4.Secara umum, periodisasi sejarah yang dibuat dan berkaitan dengan perkembangan kebudayaan secara garis besar adalah a.zama batu dan logam b.zaman praaksara dan aksara c.masa awal dan pertengahan d.zaman kuno dan baru e.zaman batu dan tulisan 5.Catatan yang para penulis kronik buat memang penting meskipun harus mendapat dukungan sumber lainnya. Berikut ini yang tidak termasuk dalam catatan-catatan yang mereka buat adalah a.keadaan masyarakat di daerah yang mereka kunjungi b.raja raja yang memerintah di suatu tempat dan waktu yang tertentu c.perkembangan agama di masa itu d.peristiwa-peristiwa unik yang mereka alami e.perlakuan buruk terhadap mereka dari masyarakat setempat 6.Sejarah juga mengajarkan kepada kita untuk mampu berpikir secara menyeluruh dan dari berbagai pandangan yang multidimensional, konsep berpikir seperti ini disebut dengan konsep berpikir yang a.runtut b.holistik c.parsial d.berkesinambungan e.kompleks 7.Dalam memecahkan masalah, kita memerlukan kemampuan atau cara berpikir sinkronik, yaitu a.memahami gejala atau fenomena masalah dengan lebih hati-hati dan mendalam b.mengambil keputusan dengan cepat dan tindakan yang tepat c.membuat keputusan hanya dengan memahami aspek dari satu sisi saja d.mengambil keputusan berdasarkan pendapat banyak orang e.melakukan tindakan yang tidak tepat dan tanpa berpikir panjang

Kami harapkan bahwa informasi yang kami sampaikan dalam artikel tanya jawab di atas dapat memberikan wawasan dan solusi bagi kamu yang membutuhkan jawaban dengan tepat. Teruslah berinovasi dan belajar untuk memperbaiki kualitas pengetahuan demi masa depan yang lebih baik.

Apabila kamu membutuhkan informasi lain tentang pertanyaan atau seputar dunia Pendidikan, silahkan kunjungi laman atau artikel kami yang lain.


Penulis: Penulis Senja