Pandaan – Malang – Blitar – Tulungagung – Kediri
Tanggal 1 – 5 Juli 2018

SURABAYA: Setelah sukses menggelar Festival Panji Nasional tahun 2017 di Kediri, kali ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Festival Panji/Inou Asia yang dilangsungkan di 5 (lima) kota sekaligus, tanggal 1 – 5 Juli 2018.  Rangkaian Festival Panji-Inao Asia ini dimulai dari Denpasar Bali (28-29/6), menyeberang ke Jawa Timur dengan awal pertunjukan di amphitheatre Taman Candra Wilwatikta Pandaan – Pasuruan (1/7), kemudian bergeser ke Malang (2/7), Blitar (3/7), Tulungagung (4/7) dan Kediri (5/7). Rangkaian acara yang serupa kemudian diselenggarakan di Yogyakarta dan berakhir di Jakarta.

Penyelenggara acara ini adalah Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Kota Malang, Kab. Blitar, Kab. Tulungagung dan Kab. Kediri.

Dalam pergelaran di masing-masing kota tersebut, selain tampilan utama dari mancanegara, juga dihadirkan seni pertunjukan dan sajian kesenian dari seniman Jawa Timur sendiri. Penyelenggaraan di Pandaan, Pasuruan misalnya, akan disajikan sendratari kolosal bertema Panji dari Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya. Di Malang ada pergelaran wayang topeng Malangan yang menurut rencana akan digelar di Taman Krida Budaya Jatim Jalan Sukarno Hatta.

Sementara penyelenggaraan acara di Blitar dipusatkan di Candi Penataran bersamaan dengan agenda rutin Kabupaten Blitar yaitu Purnama Seruling Penataran. Bergeser ke Tulungagung, setelah peninjauan di Candi Mirigambar, diselenggarakan pergelaran kesenian di Taman Budaya Kab. Tulungagung.

Kota terakhir di Jatim yang menjadi venue festival ini adalah Kediri, dimana dilangsungkan Sarasehan Budaya Panji di Convention Hall Kediri, setelah sebelumnya dilakukan prosesi ruwatan di Candi Tegowangi. (h)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *