Yogyakarta – Setelah diadakan di enam kota sebelumnya, kini Festival Panji Internasional diselenggarakan di kota Yogyakarta, Festival ini pertama kali di gelar di Indonesia yang melibatkan 3 negara Asean yaitu Indonesia, Kamboja dan Thailand yang merupakan awal kerjasama budaya Panji yang lebih erat.

Festival ini digelar pada tanggal 5 – 8 Juli 2018 dan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam acara pembukaan dihadiri oleh Direktur Kesenian, Restu Gunawan, Plt Kepala Dinas Kebudayaan D.I. Yogyakarta, Budi Wibowo dan tamu undangan lainnya. Dalam sambutannya, Restu Gunawan mengatakan ” Sastra Budaya Panji” sebagai warisan budaya bisa dijadikan sumber inspirasi dalam penciptaan karya seni dan pemajuan kebudayaan. Membangun karakter bangsa dengan merintis kesadaran tentang jati diri, identitas bagi generasi muda. Berbagai potensi inilah yang akan ditampilkan dalam semangat festival. Tujuan program ini membangkitkan kembali sastra dan budaya Panji, melestarikan dan merayakan warisan bersama “Panji” tuturnya.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan D.I. Yogyakarta, Budi Wibowo dalam sambutannya juga mengatakan ” Festival Panji Internasional ini merupakan awal sebuah dialog budaya antar bangsa yang akan membangkitkan kembali budaya Panji, kebangkitan ini meliputi seluruh warisan budaya Panji seperti sastra, dan budaya Panji seni pergelaran seperti tarian, wayang, serta seni topeng”.

Acara pembukaan bertempat di Gedung Pagelaran Kraton Yogyakarta dengan menampilkan seni tari tradisional dari Kamboja, Thailand dan Indonesia. Tari yang ditampilkan dari Delegasi Thailand adalah Tari Klasik “Lakon Nai”, Delegasi Kamboja “Inao” sedangkan dari Indonesia yaitu, Tari Sekartaji Kembar, Seni Jathilan, Remeng Mangunjaya dan Tari Guntur Segara.

Dengan semangat mempromosikan budaya Panji diantara negara Asean dan memperkuat hubungan diplomasi budaya, Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, menyelengarakan Festival ini yang dimulai pada tanggal 27 Juni sampai 13 Juli 2018 di 8 kota (Denpasar, Pandaan, Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Yogyakarta dan Jakarta). Setelah di Kota Yogyakarta, Festival Panji akan diadakan di kota terakhir, yaitu kota Jakarta pada tanggal 10 – 13 Juli 2018. (PED)

 

Sumber : Direktorat Kesenian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *